Senin, 25 Juni 2012

TIDAK MENYESAL KEMUDIAN


INSPIRASI KUMBAYA
Disampaikan pada : SLASA, 26 JUNI 2012
DANIEL C. SAPUTRA

TIDAK MENYESAL KEMUDIAN

Sobat… Ditengah segala kesibukan kita, seringkali kita melakukan hal – hal yang spontan…
Tatkala dikantor kita melihat bawahan kita salah dalam mengerjakan tugas – tugasnya, kita menjadi marah…
Dijalan, tatkala kita melihat situasi lalu lintas yang tidak beres, kita menjadi marah…
Dirumah, tatkala tatkala kita melihat suami kita, istri kita, ataupun anak kita, melakukan hal yang tidak berkenan di hati kita, kitapun menjadi marah…

Banyak sekali hal – hal yang dapat spontan membuat kita jengkel… bahkan naik pitam…
Dan seringkali yang yang terjadi adalah, kita melakukan hal – hal spontan tersebut tanpa mengetahui latar belakang dari hal – hal yang membuat kita marah…

Sobat… Beberapa waktu yang lalu, seorang teman mengirimkan e-mail kepada saya tentang sebuah kisah yang diadopsi dan dimodifikasi dai buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul “Seven Habits of Highly Effective People”

Sebuah kisah untuk kita renungkan…

Sobat… Dalam suatu perjalanan, sebuah kereta api memperlambat lajunya dan berhenti di sebuah stasiun… Kemudian naiklah seorang ibu dengan dua orang anaknya yang masih kecil ke dalam salah satu gerbong kereta tersebut.
Pada saat itu penumpang kereta api tersebut cukup padat, dan beruntung sang ibu dan kedua anaknya mendapatkan tempat duduk.

Sobat… Pada awalnya kedua anak kecil itu duduk dengan tenang, tetapi tak lama kemudian mereka mulai berlari – lari sambil berteriak – teriak…
Mereka juga naik ke tempat duduk, menarik bacaan para penumpang yang lain…
Mereka membuat suasana gerbong tersebut menjadi gaduh dan tidak nyaman…

Sobat… setelah lama menahan diri, seorang bapak yang duduk di sebelah sang ibu menegur… Dia berkata, “Mengapa anda membiarkan saja kedua anak anda membuat ribut dan mengganggu seisi gerbong…???”

Sobat… Seakan baru tersadar dengan keadaan yang terjadi, sang ibu menjawab perlahan… “Bapak, saya masih bingung bagaimana menjelaskan kepada mereka saat nanti kami sampai di rumah sakit untuk menjemput jenasah ayahnya…”

Sobat… Ternyata sang ibu mendapatkan berita bahwa suaminya sudah meninggal di rumah sakit karena kecelakaan, dan saat ini dia dan anak – anaknya menuju ke rumah sakit tersebut.

Tatkala mendengar jawaban tersebut… Seketika Bapak tersebut hanya terdiam… Dan segera dari mulut dan telinga tersebar informasi tersebut, dan semua penumpang yang tadinya merasa terganggu, berganti menjadi perasaan iba dan simpati kepada ibu dan kedua anak tersebut…

Mereka alih – alih kesal dan mau marah kepada anak – anak yang membuat gaduh dan ibunya yang terlihat cuek… Sebagian penumpang malah ikut bermain dan bercanda dengan kedua anat tersebut.

Sobat… Setelah mengetahui lengkap dan jelas tentang apa yang terjadi… Reaksi penumpang kereta api tersebut berbalik 180 derajat…!!!

Sobat… Demikianlah dalam kehidupan ini…
Mengetahui lengkap dibanding hanya sebagian, sangat mungkin membuat perbedaan respon seseorang terhadap suatu kejadian atau masalah.

Disaat anda kesal… Disaat anda ingin marah… Cobalah tahan sejenak dan carilah tahu lebih banyak tentang duduk persoalan ataupun kejadian yang sebenarnya.
Sobat… Dengan tambahan informasi, mungkin anda tidak jadi marah… Sehingga tidak muncul penyesalan kemudian

Tetap Semangat… Tetap Berpengharapan… Senantiasa Bersyukur…
Daniel C. Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar